Wednesday 4 April 2012

Ikan Aneh Berkepala Transparant Seperti Cockpit Pesawat Tempur

National Geographic News merilis gambar seekor ikan yang tergolong aneh. Pada bahagian kepala ikan nampak transparant sehingga terlihat bahagian dalamnya. Sepintas kepala ikan mirip bahagian kokpit pesawat tempur.

Sebagaimana diketahui, bahagian atas kokpit pesawat tempur biasanya transparant sehingga  pilot dapat terlihat dari sisi luar pesawat.

Ikan ini ditemukan peneliti Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI), di kedalaman laut Pantai California. Ikan ini hidup pada kedalaman 200 kaki (600 meter) di bawah permukaan laut.

Dapat dikatakan ini temuan pertama spesies ikan berbentuk kubah dan transparan. Peneliti mengamati ikan bermata bulat (barreleye) menggunakan peralatan canggih yang dioperasikan dari jarak jauh (a remotely operated vehicle/ ROV)

Terlihat keunikan iaitu bola mata ikan yang seolah dapat berputar ke atas. Pupil mata yang berada di bahagian atas ini berfungsi untuk melihat mangsa yang berada di atas ikan tersebut. Sedangkan warna hijau yang terlihat dalam gambar adalah semacam lensa yang melindungi mata dari sinar matahari. Dengan begitu mata tetap fokus pada mangsanya.

“Bola mata itu tampak seperti melihat langsung ke atas,” ujar Kim Reisenbichler, peneliti MBARI.

Ikan barreleye (Macropinna microstoma) memiliki panjang 6 inchi (15 sentimeter). Sebenarnya ikan ini telah dikenal sejak tahun 1939 saat tersangkut jaring nelayan.

Mengamati foto tersebut, selayaknya kita patut mengucap Subhanallah…Maha Suci Engkau Ya Allah…yang menciptakan makhlukNya dengan sempurna.




About the Author

Anonymous

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Post a Comment

 
The Brightest Star © 2015 - Designed by Templateism.com